Sabtu, 22 Desember 2012

VIRUS YANG MENYERANG MANUSIA

 Virus Penyebab Influensa
Virus penyebab influensa ada tiga jenis, yakni A, B dan C. Dari beberapa jenis virus influensa ini yang paling berbahaya adalah varian C karena dapat menjangkiti hewan mamalia dan manusia. Pada manusia, influenza dapat menyerang bayi hingga orang dewasa. Gejala awalnya adalah kondisi badan yang tidak enak, lemas, nafsu makan menurun dan keluar cairan dari hidung. Jika sudah parah, cairan ini mengental dan menyumbat pernafasan anda. Kadangkala gejala flu disertai demam, diare dan nyeri pada seluruh badan. Flu pada umumnya bisa sembuh tanpa diberi obat, namun jika demam yang terjadi sangat tinggi maka harus segera diperiksakan ke dokter.

Virus Penyebab Demam Berdarah
 Demam bedarah adalah nama lain dari Dengue Haemorrhagic Fever atau DHV. Penyebab penyakit ini adalah virus Dengue yang ditularkan lewat gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albophictus betina. Kedua jenis nyamuk ini bersarang dan bertelur dalam genangan air bersih dan menggigit korban pada siang hari. Penyakit ini ditandai dengan suhu badan yang naik pada 2-7 hari, terkadang disertai dengan bintik merah pada kulit, pendarahan pada gusi, hidung dan muntah-muntah. Yang paling berbahaya adalah terjadinya shock dan penurunan tingkat kesadaran. Orang yang menderita demam berdarah harus dirawat di rumah sakit.

Virus Penyebab Campak
Campak disebut juga tampek, morbili atau measles. Penyakit ini umumnya menyerang pada anak-anak. Anak-anak yang terkena campak akan mengalami bercak merah pada kulit. Pada awalnya bercak ini muncul pada permukaan kulit teinga atau muka, lalu menyusul pada badan, lengan atas lalu menyebar ke seluruh tubuh. Penyakit ini disertai pula dengan panas yang tinggi, peradangan paru-paru dan diare. Bercak-bercak ini akan menghilang setelah empat hari dan meninggalkan bekas kehitaman dan bersisik. Penyakit ini dapat dicegah dengan imunisasi dini dan menghindari kontak dengan penderita campak.

Virus Penyebab Cacar Air
Di masa lalu, penyakit cacar ini adalah penyakit yang mematikan. Penyakit ini disebabkan oleh virus herpes varisella. Gejala cacar ditandai dengan kelainan pada kulit dimana terdapat gelembung yang berisi cairan. Timbulnya gelembung pada kulit ini disertai dengan demam ringan hingga tinggi. Orang yang terjangkit penyakit ini seharusnya tetap mandi karena dapat menghilangkan virus yang ada di kulit dan tidak menularkannya pada orang lain. Pencegahan penyakit ini adalah menghindari kontak dengan penderita cacar, menjaga kebersihan tubuh dan imunisasi sejak dini.




CR: http://semangatku.com/808/kesehatan/beberapa-jenis-virus-yang-menyerang-manusia/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar